PEMETAAN DISTRIBUSI PENCEMAR LOGAM BERAT PADA BEBERAPA SPESIES MANGROVE DI PANTAI EKOWISATA BLEKOK, KABUPATEN SITUBONDO, JAWA TIMUR

Umi Zakiyah, Alivia Salsabila, Kusuma Tanya Santoso

Abstract


Kawasan pesisir secara langsung maupun tidak langsung terancam oleh aktivitas manusia yangberada di wilayah hulu. Padatnya aktivitas manusia di daerah perkotaan berpotensi menghasilkan buangan limbah dan menjadi penyebab pencemaran lingkungan. Timbal (Pb) dan Tembaga (Cu) merupakan salah satu logam berat yang banyak dihasilkan dari buangan industri dan yang memiliki nilai toksisitas yang tinggi. Salah satu upaya yang memungkinkan dalam mengurangi pencemaran konsentrasi logam berat di lingkungan yaitu dengan menggunakan tumbuhan mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memetakan distribusi kandungan logam berat Pb pada air, sedimen dan beberapa jenis akar mangrove di Pantai Blekok, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, partisipasi aktif, dokumentasi serta studi literature dan juga menggunakan analisis spasial berbasis SIG untuk dapat mengetahui distribusi logam berat di Pantai Blekok, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Keywords


Logam Berat, Mangrove, Pemetaan

Full Text:

PDF

References


Khairuddin, M., Yamin dan A. Syukur. 2018. Analisis kandungnan logam berat pada tumbuhan mangrove Sebagai Bioindikator di Teluk Bima. Jurnal Biologi Tropis. 18 (1).

Hamzah, F dan Y. Pancawati. 2013. Fitoremidiasi logam berat dengan menggunakan mangrove. Ilmu Kelautan. 18 (4):203-212.

Jupriyati, R., N. Soenardjo, dan C. A. Suryono. 2013. Akumulasi logam berat timbal (Pb) dan pengaruhnya terhadap histologi akar mangrove Avicennia marina (Forssk). Vierh. di Perairan Mangunharjo Semarang. Journal Of Marine Research. 3 (1): 61-68.

Dewi, Y. K. 2020. Diversitas vegetasi mangrove di pesisir Pantai Blekok Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(6).

Deri P.K., E.D Hastuti dan R. Budihastuti. 2013. kemampuan akumulasi logam berat tembaga (Cu) pada akar mangrove jenis Avicennia marina (Forsk.) dan Rhizophora mucronata (Lamk.) di Lahan Tambak. Jurnal Akademika Biologi. 7 (4) : 14-19.

Ali, M dan Rina. 2011. Kemampuan Tanaman Mangrove Untuk Menyerap Logam Berat Merkuri. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan. 2 (2).

Sanadi, T. H., J. N. W. Schaduw, S. O. Tilaar, D. Mantiri, R. Bara, W. Pelle. 2018. Analisis logam berat timbal (Pb) pada akar mangrove di Desa Bahowo dan Desa Talawaan Bajo Kecamatan Tongkaina. Jurnal Pesisir dan Laut Tropis. 2 (1).

Supriyantini, E dan N. Soenardjo. 2015. Kandungan logam berat timbal (Pb) dan tembaga (Cu) pada akar dan buah mangrove Avicennia marina Di Perairan Tanjung Emas Semarang. Jurnal Kelautan Tropis. 18 (2): 98–106.M. Reuter, W. E. Piller, dan C. Erhart, “A Middle Miocene carbonate platform under silici-volcaniclastic sedimentation stress (Leitha Limestone, Styrian Basin, Austria) — Depositional environments, sedimentary evolution and palaeoecology,” Palaeogeogr. Palaeoclimatol. Palaeoecol., vol. 350–352, hal. 198–211, Sep 2012.

Sugiyarto,. B. Hariono dan M, P. Destarianto. 2017. Dampak perubahan tata guna lahan terhadap daya tampung Wilayah DAS Sampean. Seminar Nasional Hasil Penelitian.

Nugroho, F. E. 2016. Perancangan sistem informasi penjualan online studi kasus Tokoku. Jurnal SIMETRIS. 7 (2).

Irnawati. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Diskusi pada Materi Kebebasan Berorganisasi dalam Pembelajaran PKN. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Awaliyah, H. F., D. Yona dan D.C. Pratiwi. 2018. Akumulasi logam berat Pb dan Cu pada akar dan daun mangrove Avicennia marina di Sungai Lamong, Jawa Timur. Depik Jurnal Ilmu-Ilmu Perairan, Pesisir dan Perikanan. 7 (3): 187 – 197.

Purnamawati, F. S., T. R. Soeprobowati dan M. Izzati. 2015. Potensi Chlorella vulgaris beijerinck dalam remediasi logam berat Cd Dan Pb skala laboratorium. BIOMA. 16 (2): 102 – 113.

Arkianti, N., N.K. Dewi, dan N. K. T. Martuti. 2019. Kandungan logam berat timbal (Pb) pada ikan di Sungai Lamat Kabupaten Magelang. Life Science. 8 (1).

[Ginting, E. I., F. Idris dan A. D. Syakti. 2019. Logam berat kadmium (Cd) pada mangrove di perairan Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Jurnal Ruaya. 7(2).

Gusnita, D., 2012. Pencemaran Logam Berat Timbal (Pb) Di Udara Dan Upaya Penghapusan Bensin Bertimbal. J. Ber. Dirgant. Vol.13, 95–101

Hanafiah, K. A. 2008. Dasar-dasar ilmu tanah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khan, S. Farooq, R. Shahbaz, S. Khan, M.A. and Sadique, M. 2009. Health risk assessment of heavy metals for population via consumption of vegetables. World Appl. Sci. J. 6 (12) : 1602-1606.

[19] Nazaruddin, I dan A. T. Basuki. 2015. Analisis Statistik dengan SPSS. Danisa Media. Yogyakarta.

Lasena, S. R. 2013. Analisis penentuan harga pokok produksi pada PT. Dimembe Nyiur Agripro. Jurnal EMBA. 1 (3): 585-592.

Suharto. 2005. Dampak pencemaran logam Timbal (Pb) terhadap kesehatan masyarakat. Majalah Kesehatan Indonesia No. 165. Universitas Airlangga. Surabaya.

Asrini, N. K., I. W. S. Adnyana dan I. N. Rai. 2017. Studi analisis kualitas air di daerah aliran Sungai Pakerisan Provinsi Bali. Ecotrophic. 11 (2): 101– 107.

Safnowandi. 2015. Struktur komunitas mangrove di teluk poton bako sebagai buku panduan untuk pemantapan konsep ekosistem pada guru biologi SMA di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 2 (1).

Suprihatin, I. E., M. Manurung, dan D. Mayangsari. 2014. Logam kromium (Cr) dan seng (Zn) dalam akar, batang, dan daun tumbuhan mangrove Rhizophora apiculata di Muara Sungai Badung. Jurnal Kimia. 8 (2) : 178-182.

Eshmat, M.E., Mahasri, G., Rahardja, B.S., 2014. Analisis kandungan logam berat timbal (Pb) dan cadmium (Cd) pada kerang hijau (Perna viridis L.) di Perairan Ngemboh Kabupaten Gresik Jawa Timur. J. Ilmu Perikanan dan Kelautan. 6 : 101–108.

Noor, Y., Rusila, Khazali, M., Suryadiputra, I.N.., 2006. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Wetlands International, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.